Another side of me

Artikel Terbaru

Wednesday, October 5, 2016

On October 05, 2016 by Auli in    No comments
My first step at TDC!
          
Perkenalkan nama saya Ahmad Haniful Auli, biasa dipanggil Auli. Saat ini saya berstatus sebagai
mahasiswa baru S1 Teknik Mesin 2016. Saya berasal dari Kabupaten Ponorogo, kota kecil hampir ujung barat dari Provinsi Jawa Timur. Kehidupan di Ponorogo yang belum ramai dan sunyi membuat kepribadian saya kalem tetapi penuh antusias. Tetapi saat ini saya tidak akan membahas terlalu banyak mengenai bagaimana karakter saya. Secara garis besar kelebihan saya yaitu banyak inisiatif, berani mengambil resiko, gemar membantu, dan pandai menganalisa. Kekurangan saya yaitu cuek terhadap hal yang tidak begitu berdampak bagi kehidupan saya.
            Saat ini saya mengajukan proposal PKM-K yakni Metro Ice Cream sebagai Alternatif Penunda Lapar. Dari PKM tersebut rencana ke depan saya akan mengembangkan usaha saya yang bergelut dalam dunia es krim. Walaupun nanti dalam PKM proposal saya ditolak, saya akan tetap berusaha untuk mengembangkan bisnis tersebut secara berkelompok dengan rekan-rekan saya. Metro merupakan nama brand atau merk dari es krim yang akan saya kembangkan. Mengapa saya memilih es krim sebagai usaha yang akan saya kembangkan? Mari kita lihat dari segi cuaca yang ada di Surabaya, rata-rata mahasiswa yang kuliah di Surabaya merasakan suhu di sini lumayan panas. Oleh karena cuaca yang panas seseorang cenderung untuk mencari kesegaran untuk mengurangi rasa dahaganya. Segi yang kedua yakni masalah jam waktu istirahat. Jam istirahat mahasiswa biasanya hanya 20 menit. Ketika perut lapar dan tenggorokan merasakan dahaga, Metro Ice cream bisa mengatasi kedua hal tersebut dalam satu produk. Terakhir yaitu dari segi pelayanan, setiap salesman yang bekerja di Metro Ice Cream nanti akan saya bekali dengan pengalaman yang mumpuni. Mengapa demikian? Sebaik apapun produk yang akan kita jual, tetapi apabila pelayanan dari penjual kurang baik maka esensi positif pada produk akan hilang. Semua yang saya tulis saya pelajari dari buku Steve Jobs, CEO Apple store. Rencana jangka pendek yang telah saya susun bersama rekan-rekan untuk Metro Ice cream yakni menjual produk dalam bentuk cup. Apabila produk di sukai pasar, kami akan melebarkan sayap ke industry nasional.       

Poin selanjutnya yakni mengenai komitmen saya dalam bergabung UKM Tecnopreneur Development Center (TDC). Mungkin sebagian peserta yang ditanyai mengenai komitmennya dalam bergabung UKM ini akan menjawab “saya berkomitmen dalam mengikuti kegiatan UKM”. Tetapi kali ini saya akan menjawabnya dengan kalimat “saya berkomitmen dan saya akan berkontribusi” mengapa saya menambahkan kata “Kontribusi” dalam jawaban saya? Karena menurut pemikiran saya jika saya hanya berkomitmen mengikuti kegiatan, itu berarti saya hanya hadir absen dan pulang. Saya ingin ketika saya bergabung nanti dalam UKM TDC saya menyumbangkan hal-hal kecil yang bisa membantu atau mengembangkan usaha di Indonesia. Saya berharap besar semua itu dapat saya raih ketika bergabung dengan TDC.

Harapan saya dalam mengikuti UKM TDC ini yaitu semakin tajamnya analisa saya dalam melihat pasar, semakin banyaknya channel yang dapat saya buat demi menjalin kerjasama dalam berbisnis dan berkarya. Entrepreneur tidak melulu mengenai uang, tetapi mengenai pengaruh, bagaimana kita bisa membawa khalayak umum untuk menjadi lebih baik, yang bisa mengembangkan dan mensejahterakan sekitarnya. Ketika khalayak umum sudah mempercayai bagaimana sumbangsih kita terhadap mereka, maka dengan mudah kita bisa memasarkan produk terbaik kita. Oleh karena itu, poin terpenting agar kita bisa meraih hati dari pelanggan yaitu bagaimana kita bisa menciptakan kesan positif bagi para pembeli.

0 comments:

Post a Comment

SIlahkan berkomentar, mari berdiskusi. Untuk bantuan atau permintaan bisa email kami. Semoga bermanfaat :)